Kenapa Gula Darah Bisa Naik?


Pertama-tama Anda harus tahu bagaimana tubuh mengatur gula. Gula dalam darah disebut glukosa, dan berasal dari sumber, yaitu dari makanan yang masuk dan yang diproduksi oleh hati.
Makanan sehari-hari seperti nasi, mi, roti, semua yang berasal dari padi-padian, juga buah-buahan, umbi-umbian, serta gula pasir, dan minuman soda, mengandung karbohidrat. Karbohidrat diserap tubuh lewat usus, kemudian berubah menjadi glukosa.
Glukosa berada di otot dan jaringan, merupakan sumber energy utama sel tubuh. Agar dapat melakukan fungsinya glukosa tubuh “teman” yang disebut insulin. Hormone insulin diproduksi oleh sel beta kelenjar pancreas. Tiap kali Anda makan pancreas mengeluarkan insulin kedalam aliran darah. Ibarat kunci, insulin membuka pin tu sel agar glukosa bias masuk . dengan demikian kadar glukosa dalam darah akan turun.
Hati merupakan tempat penyimpanan sekaligus pusat pengolahan glukosa. Pada saat kadar insulin meningkat seiring dengan makanan yang masuk ke tubuh, hati akan menimbun glukosa, yang nanti dialirkan menuju sel-sel tubuh bila dibutuhkan. Ketika Anda lapar atau tidak makan, insulin dalam darah rendah sehingga terpaksalah timbunan gula dalam hati (glikogen) diubah menjadi glukosa kembali dan dikelurkan melalui aliran darah yang berjalan menuju sel-sel tubuh.
Dalam pankreasjuga ada sel alfa yang memproduksi hormone glucagon. Jika kadar glukosa darah rendah, glucagon akan merangsang sel hati agar bekerja memecah glikogen menjadi glukosa.
Tubuh masih mempunyai sejumlah hormone lain yang fungsinya berlawanan dengan insulin, yaitu glucagon, epinefrin (adrenalin), dan kortisol (hormone steroid). Hormon-hormon ini memicu hati mengeluarka glukosa sehingga glukosa darah bias naik. Keseimbangan hormone-hormon dalam tubuh aan mempertahankan glu darah Anda berada tetap dalam batas normal.
Pada penderita diabetes, ada gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa kedalam sel glukosa yang disimpan di ahti, serta glukosa yang dikeluarkan dari hati, sehingga kadar glukosa dalam darah meningkat. Selanjutnya kelebihan glukosa akan keluar melalui urine sehingga jumlah urine banyak dan mengandung gula. Penyebab keadaan ini hanya dua. Peratama, pancreas tidak mampu lagi membuat insulin. Kedua, sel tubuh tidak memberi respons pada kerja insulin sehingga glukosa tidak dapat masuk ke sel.
Bila tubuh anda gemuk karena kebanyakan lemak, banyak hormon di lemak ini yang bersifat menghalangi kinerja insulin. Insulin Anda tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga gula darah menjadi suka di turunkan, itulah sebabnya mengapa gula darah pada orang gemuk biasanya tinggi.

Related Posts:

0 Response to "Kenapa Gula Darah Bisa Naik?"

Post a Comment